SILABUS RENCANA LATIHAN PRAMUKA
AMBALAN VIDYA BHAWA LAKSANA GUGUSDEPAN SMA NEGERI 4
BANDUNG
Penegak
Bantara
|
|||
Poin SKU
|
Materi
|
Indikator
|
Keterangan
|
1
|
Islam
·
Dapat
menjelaskan makna rukun Iman dan Rukun Islam
·
Mampu
menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat Sunah secara
individu
·
Mampu
menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam puasa
·
Tahu tata
cara merawat jenazah
·
Dapat membaca
doa ijab Qobul Zakat
·
Dapat
menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut
|
·
menyebutkan
Rukun iman dan rukun islam dengan urut
·
menjelaskan
makna salah satu rukun iman dan rukun islam dengan menggunakan contoh dalam
kehidupan sehari-hari
·
menjelaskan
maksa sholat berjamaah
·
mempraktikkan
salah satu sholat sunnah secara individu
·
melaksanakan
berpuasa wajib atau sunnah
·
menjelaskan
makna puasa
·
menjelaskan
macam-macam puasa
·
menjelaskan
tata urutan merawat jenazah
·
membaca doa
ijab qabul zakat dengan tepat
·
menyebutkan
dan menjelaskan salah satu hadist
|
·
diuji oleh
pembina/guru agama islam
|
2
|
Berani
menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun kepada sesama teman
|
· menyampaikan
kritik dan saran dengan sopan dan santun selama pelaksanaan latihan pramuka
|
·
diuji oleh
pembina atau guru bahasa Indonesia
|
3
|
Dapat
mengikuti jalannya diskusi dengan baik
|
· saling
menghormati pendapat orang lain dalam diskusi
|
·
diuji oleh
pembina atau wali kelas
|
4
|
Dapat saling
menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama
|
· menghormati
dan menyadari adanya perbedaan keyakinan
· tidak
memaksakan keyakinan kepada pemeluk agama lain serta bertoleransi kepada
sesame tanpa membedakan keyakinannya
|
·
diuji oleh
pembina atau guru agama islam
|
5
|
Mengikuti
pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan
|
· aktif
mengikuti latihan yang diadakan di Ambalan minimal 2 kali dalam satu bulan
|
·
dilihat dari
daftar hadir anggota
|
6
|
Setia
membayar iuran kepada gugus depan dengan uang yang diperoleh dari usaha
sendiri
|
· membayar
iuran anggota yang telah disepakati bersama dengan uang hasil usaha sendiri
|
·
dilihat dari
daftar iuran anggota
|
7
|
Dapat
berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari
|
· menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar selama mengikuti latihan Pramuka
|
·
dinilai dari
setiap latihan
|
8
|
Telah
membantu mengelola kegiatan Ambalan
|
· ikut
serta mengelola kegiatan ambalan sebagai panitia kegiatan atau pengurus
Ambalan
|
·
diuji oleh
pembina
|
9
|
Telah aktif
kerja bakti di masyarakat minimal 2
kali
|
· menjaga
kebersihan di lingkungan rumah, sekolah atau tempat latihan
|
·
diuji oleh
pembina
|
10
|
Dapat menampilkan
kesenian daerah di depan umum minimal satu kali
|
· menampilkan
salah satu kesenian daerah di depan umum baik individu atau berkelompok di
depan umum
|
·
diuji oleh
guru kesenian
|
11
|
Mengenal,
mengerti dan memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka
|
· mengenal
dan mengerti isi AD ART Gerakan Pramuka
· memahami
isi AD ART Gerakan Pramuka dan dapat menjelaskan kepada teman
|
·
diuji oleh
pembina
|
12
|
Dapat
menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan dunia
|
· menjelaskan
kepada teman mengenai sejarah Kepramukaan Indonesia dan dunia
|
·
diuji oleh
pembina bekerjasama dengan pinsa
|
13
|
Dapat
menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam
pengembaraan
|
· membaca
jam dan dapat mengkomunikasikannya dengan tepat
· menggunakan
kompas dengan tepat pada saat pengembaraan
· mengenal
tanda-tanda alam dan tanda jejak dalam pengembaraan
|
·
diuji oleh
pembina dan pelatih
|
14
|
Dapat
menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
· menjelaskan
contoh pengamalan masing-masing sila Pancasila yang telah dilakukan dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
diuji oleh
pembina dan guru PKn
|
15
|
Dapat
menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB
|
· menjelaskan
tentang organisasi ASEAN dan PBB dengan baik
|
·
diuji oleh pembina
dan guru PKn
|
16
|
Dapat
menjelaskan tentang kewirausahaan
|
· melakukan
kegiatan wirausaha di lingkungan sekolah atau rumah
|
·
diuji oleh
pembina
|
17
|
Dapat mendaur
ulang barang bekas menjadi barang bermanfaat
|
· mendaur
ulang barang bekas yang ada di lingkungan sekitar sekolah atau rumah untuk
dijadikan barang yang dapat dimanfaatkan kembali
|
·
diuji oleh
pembina dan guru kesenia
|
18
|
Dapat
menerapkan pengetahuannya tentang tali-temali dan pioneering dalam kehidupan sehari-hari
|
· menerapkan
ketrampilan tali temali dan pioneering dalam kehidupan sehari-hari
|
·
diuji oleh
pembina
|
19
|
Selalu
berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1
cabang olahraga tim
|
· berenang
menggunakan gaya bebas
· berolahraga
secara tim
|
·
diuji oleh
pembina dan guru olahraga
|
20
|
Dapat
menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan
|
· menjelaskan
perkembangan sifat fisik laki-laki dan peremuan usia penegak
|
·
diuji oleh
pembina dan guru biologi/olahraga
|
21
|
Dapat memimpin
baris-berbaris dan menjelaskan peraturannya kepada anggota sangganya
|
· memimpin
sangga nya dalam baris-berbaris dengan aba-aba gerakan di tempat dan jalan
· menjelaskan
aturan baris-berbaris kepada anggota sangganya
|
·
diuji oleh
pembina dan pelatih
|
22
|
Dapat
menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degenerative dan penyakit yang
disebabkan perilaku tidak sehat
|
· menyebutkan
contoh penyakit yang diakibatkan infeksi
· menyebutkan
contoh penyakit degenerative
· menjelaskan
salah satu penyakit akibat perilaku tidak sehat
|
·
diuji oleh
pembina
|
23
|
Ikut serta
dalam perkemahan selama 3 hari berturut-turut
|
· berpartisipasi
aktif mengikuti kegiatan dalam perkemahan
· mandiri
dan mampu bekerjasama selama perkemahan
· peserta
diperbolehkan mengikuti perkemahan di luar perkemahan dari Gugus Depan.
|
·
diuji oleh
pembina dan pelatih
|
No comments:
Post a Comment